Rojuteng.org – Project Iseng-iseng berhadiah

12:26 pm



Berawal dari sebuah meeting di daerah cipete bersama temen-temen dan kebetulan pembahasan mengenai proyek sosial renovasi sekolah dasar madrasah di bogor. Dan boleh dibilang untuk tahun ini (2015) kita bingung mau menggalang dana dalam bentuk apa. Karena sebelumnya kita melakukan kegiatan garage sale di beberapa tempat. Sedangkan tahun ini boleh dibilang temen-temen juga lagi sibuk dan kalau menggunakan cara yang sama, tidak yakin bisa menembus di dua digit. Belum lagi sempitnya waktu untuk menggalang dana. Memang tahun ini fokus renovasi kita yaitu mengganti atap yang bocor dan membuat paving blok yang memerlukan dana yang tidak sedikit.


Sontak ketika mulai pembahasan brainstorming saya iseng-iseng aja ngomong “kenapa kita ga menggalang dana dari mata uang terkecil aja. Coba sekarang di dompet kita masing-masing uang 2ribu/5ribu/10ribu pasti ada kan?” Dan responnya luar biasa. Ah saya inget banget muka salah satu member, sebut saja Nanda, yang bilang ide itu sangat bagus dan bisa banget dijalankan. Dan beliau menambahkan mengenai ide iseng-iseng tersebut. Gara-gara ngutarain ide kaya gitu alhasil ditunjuk dan dimintain untuk menjadi project officer. “Yaudahlah,iya gue mau”, jawab iseng-iseng.

Ternyata keisengan saya bukan sampai situ, belum ada proposal dan lain-lain mulai iseng nanyain temen-temen rotaract ataupun non rotaract mengenai ide iseng ini. Nah lagi-lagi responnya muantebbhh banget. Mereka mau banget bantuin dan bersedia menjadi #teamRoju. Mulai dari situ, saya buat proposal, sistem, media dan mengatur temen-temen yang mau ikutan jadi team. Enak banget deh, berawal dari iseng-isengan bisa dapet respon luar biasa. Alhamdulillah.
Iseng saya bertambah parah.
Ketika semua sudah jadi, saya iseng mengajak distrik tetangga. Berawal cuma email aja, eh ga taunya dibantu forward sama DRR nya yang manis. Hehe. Oalaah, responnya juga gitu. Yaudah deh ada yang ngikut. Tak sampai situ, saya iseng mengajak komunitas di luar Rotaract untuk menjadi partner meskipun udah pernah ditolak karena abis aja baksos. Eh gataunya mereka pada akhirnya mau ikutan juga.

Waktu cuma dikasih 1 bulan setengah. Amsyoong ga tuh? Yaudah deh kita set semuanya untuk 1,5 bulan. Alhamdulillah bantuan dan donasipun berdatangan. Waktu itu #TeamRoju lumayan tersebar dibeberapa wilayah mulai dari Jakarta, Banten, Bogor, Yogyakarta, Surabaya, Batam, Purwokerto, Surabaya, dan Bali. Nah yang paling buat saya kaget, ada lho yang donasi diluar wilayah tersebut. WoW. Ini menandakan proyek Rojuteng.org keren banget. Entah itu karena media atau #TeamRoju nya yang kece badai! Ah senangnya.
Tak terasa 1,5 bulan telah terlewati.
Tapi ketika saya ingin tutup untuk penerimaan donasi sebagian #teamRoju menolak karena ada sebagian donatur yang belum sempet transfer. Yaudah deh, saya iseng lebihin 2 minggu. Ternyata responnya masih luar biasa dan Alhamdulillah kita udah menyentuh di angka 20jutaan. Inget lho cuma 2 bulan aja.

Lalu pada bulan Februari, uang yang sudah terkumpul langsung kita salurkan untuk merenovasi atap madrasah. Dan Alhamdulillah kita mendapat bantuan juga dari Rotary & Rotaract Australia. Jadi sekarang proyek renovasi atap sudah selesai.

Nah aneh bin ajaibnya kemaren, tepatnya 2 minggu yang lalu (8 Maret). Pas semua #TeamRoju udah selesai cari dana saya iseng aja menggenapkan nominalnya, kalo ga salah kurang 604ribu. Eh malah sekarang jadi kelebihan. Tetep aja gak genap! Haha. Yaudahlah ya.

Semoga keisengan saya bisa menular dan syukur-syukur menjadi inspirasi buat temen-temen semua untuk buat kegiatan. Yang hebat temen-temen saya yang udah mau bantuin dan donasi. Semoga apa yang temen-temen usahakan dan donasikan dapat bermanfaat bagi orang lain dan menjadi berkah.
Salam Iseng-iseng berhadiah,

Self Motivator, Lovely PDRR & Young Entrepreneur

- - -

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

LIKE US ON FACEBOOK